Perbandingan VoIP dengan Konvensional

Posted: 2010/07/04 in About the network

Apa sich VoIP??, mungkin temen – temen lom banyak yang tau tentang teknologi yang satu ini. Sedikit penjelasan tentang voIP dari penulis voIP singkatan dari voice over internet protocol atau biasa di sebut digital phone merupakan teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. Data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data dan bukan melalui sirkuit analog telepon biasa.

Perbedaan antara VoIP dengan jaringan suara konvensional adalah sistem pengirimannya. Kalau jaringan suara konvensional langsung terhubung dengan PABX yang biasa disebut Privat Automated Branch Exchange. Kalau pesawat telepon milik perusahaan telkom langsung terhubung dengan STO atau biasa disebut dengan STO (Sentral Telepon Otomat) terdekat. Di dalam STO ini terdapat daftar nomor telepon yang tersusun bertingkat sesuai dengan daerahnya.

Bentuk paling sederhana dalam sistem VoIP adalah dua komputer terhubung dengan internet. Syarat dasar untuk mengadakan koneksi VoIP adalah harus terkoneksi dengan internet dan mempunyai kartu suara yang dihubungkan dengan speaker dan mikropon dan sebuah perangkat lunak bisa menggunaka yahoo messenger, msn, dll.

Bentuk hubungan tersebut bisa dalam bentuk pertukaran file, suara, maupun gambar. Penekanan utama dalam dalam VoIP adalah hubungan keduanya dalam bentuk suara. Seiring dengan perkembangan teknologi sistem koneksi VoIP mengalami evolusi. Bentuk peralatannya pun tidak harus menggunakan sebuah komputer tapi bisa menggunakan sebuah pesawat telepon biasa yang terhubung dengan jaringan VoIP. Jaringan Data digital dengan gateway untuk VoIP memungkinkan berhubungan dengan PABX atau jaringan analog telepon biasa. Komunikasi antara komputer dengan pesawat (extension) di kantor adalah memungkinkan. Bentuk komunikasi bukan Cuma suara saja. Bisa berbentuk tulisan (chating) atau jika jaringannya cukup besar bisa dipakai untuk Video Conference. Dalam bentuk yang lebih lanjut komunikasi ini lebih dikenal dengan IP Telephony yang merupakan komunikasi bentuk multimedia sebagai kelanjutan bentuk komunkasi suara (VoIP).

Salah satu aplikasi VoIP yang tersedia adalah Skype. Skype adalah software aplikasi komunikasi suara berbasis IP melalui internet antara sesama pengguna Skype.
Mekanisme Skype menggunakan protokol HTTP untuk berkomikasi dengan Skype server untuk otentikasi username/password dan registrasi dengan Skype directory server. Versi modifikasi dari protokol HTTP digunakan untuk berkomunikasi dengan sesama Skype client. Keuntungan yang dimiliki aplikasi ini adalah tersedianya layanan keamanan dalam pentransmisian data yang berupa suara. Layanan keamanan yang diberikan adalah sebagai berikut :

  • Privacy

Skype menggunakan AES (Advanced Encryption Standard) 256-bit untuk proses enkripsi dengan total probabilitas percobaan kunci (brute-force attack) sebanyak 1,1 x E-77 kali, sedangkan untuk proses pertukaran kunci (key exchange) simetriknya menggunakan RSA 1024-bit. Public key pengguna akan disertifikasi oleh Skype server pada saat login dengan menggunakan sertifikat RSA 1536 atau 2048-bit. Skype secara otomatis akan mengenkripsi semua data sebelum ditransmisikan melalui internet.

  • Authentication

Setiap pengguna Skype memiliki sebuah username dan sebuah password. Dan setiap username memiliki sebuah alamat e-mail yang teregistrasi. Untuk masuk ke sistem Skype , pengguna harus menyertakan pasangan username dan passwordnya. Jika pengguna lupa password tersebut maka Skype akan mengubahnya dan mengirimkan password yang baru ke alamat e-mail pengguna yang sudah teregistrasi. Pendekatan ini dikenal dengan E-mail Based Identification and Authentication. Dikarenakan Skype merupakan sistem komunikasi suara maka setiap penggunanya dapat secara langsung mengidentifikasi lawan bicaranya melalui suaranya.
IMPLEMENTASI VOIP DI JARDIKNAS di Propinsi Jambi

Berawal dari percakapan saya (kab. tanjung jabung barat) dengan ict jardiknas kab. tanjung jabung timur dan ict jardiknas kabupaten bungo. percakapan dilakukan menggunakan fasilitas Yahoo Messenger yang mana terjadi delay yang terlalu tinggi. Saya juga pernah mencoba menggunakan fasilitas voiprakyat, tetapi kurang memuaskan yang mungkin disebabkan oleh jarak server yang terlalu jauh.

Berangkat dari masalah inilah saya mencoba untuk membangun server voip sendiri yang rencananya pada tahap awal hanya untuk menghubungkan tiap ruang subdin dan juga menghubungkan ict center dan sekolah client ict. Jika seandainya tiap kabupaten di kota jambi juga melakukan hal yang sama, maka bukan tidak mungkin kita dapat melakukan percakapan gratis melalui voip dengan menggunakan fasilitas bandwidth jardiknas dengan cara menghubungkan masing-msing server kabupaten/kota.

source :http://blu3h4t.blogspot.com/2009/10/voip-voice-over-internet-protocol.html

Komentar
  1. UCRIT mengatakan:

    CARA MENGGUNAKAN SKYPE??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s